Monday 7 March 2016

Cara install SDK Android

Sebelum menginstall SDK Android terlebih dahulu komputer kita harus telah di terpasang Java JDK dan Eclipse.
Untuk cara install Java JDK dapat anda ikuti link berikut ini : Tahap Pertama Install JDK
Untuk cara install Eclipse dapat anda ikuti link berikut ini : Tahap Kedua : Install Eclipse

Tahap ke Tiga  : Install SDK Android

Pertama-tama anda download SDK Android di website ini
Lalu anda  Scroll ke bawah dan cari Tulisan SDK Tools Only:
Lalu Anda pilih android - sdk untuk sistem operasi anda: Pada contoh saya karena memakai window 7 maka pada saat tulisan ini dibuat maka saya download versi android-sdk.r24.4.1-windows.zip.
Saya pilih yang zip bukan exe karena tinggal di extract ke dalam folder Android yang telah kita buat sebelumnya.


Setelah anda download, anda extract file tadi kedalam folder Android maka terbentuk folder android-sdk-windows
 sehingga di folder Android kita tadi sekarang terdapat dua folder yaitu folder Ecipse dan folder android-sdk-windows atau terlihat seperti ini :



cara install android di komputer pc


 Selanjutnya karena ini adalah install sdk Android dan update secara online maka selanjutnya anda masuk ke dalam folder android-sdk-windows, lalu klik dua kali aplikasi SDK Manager, maka anda akan melihat kotak dialog seperti ini :

langkah install sdk android emulator di pc komputer


Biasanya jika ada file yang belum diupdate  maka SDK Manager akan otomatis mencentang kotak kotak sesuai dengan update untuk API terbaru atau terkini  yang tersedia pada kolom status. Sehingga anda cukup  mengklik tombol install pada kanan bawah dialog SDK Manager dan mengikuti langkah selanjutnya maka secara otomatis SDK Manager akan melakukan download dari server untuk file-file tersebut.

Untuk itu anda perlu terkoneksi secara online dan memang file tersebut cukup besar sehigga akan memakan waktu apalagi jika jumlah file yang akan di download dan diupdate cukup banyak. Jika proses download telah selesai maka biasanya pada kotak yang sebelumnya dicentang dan bertuliskan update available akan berganti tulisan menjadi Installed dan centang warna berganti menjadi warna merah.

Biasanya program ini akan mengupdate sesuai dengan API terbaru yang pada saat ini adalah API 23. Jika anda ingin menggunakan API lama untuk platform Android lama seperti froyo, atau ginger bread untuk aplikasi saudara maka anda tinggal mencentang kotak sesuai dengan API versi berapa yang anda ingin download.

Selanjutnya Tahap Empat : Install ADT Plugin untuk Eclipse




No comments:

Post a Comment